Laman

Ucapan Selamat Tahun Baru 2017, Ucapan Valentine, Ucapan Hari Kartini RA, Ucapan Selamat Ulang Tahun

Senin, 12 Desember 2016

Ucapan Selamat Hari Down Syndrome (Internasional) Dunia 2017 / 2018

Hari Down Syndrome Hari Sindrom Down Sedunia (World Down Syndrome Day/WDSD) ditetapkan tanggal 21 Maret. Di peringatan ini, orang dengan sindrom down dan setiap orang yang hidup dan bekerja dengan mereka di seluruh dunia mengatur dan berpartisipasi dalam kegiatan dan event-event untuk meningkatkan kepedulian umum dan menciptakan sebuah kesepakatan global untuk hak dan inklusi bagi orang dengan sindrom down. Banyak event mengenai Hari Sindrom Down.

Down Syndrome adalah merupakan suatu keadaan dimana seseorang berada pada kondisi abnormanilitas Kromosom yang menyebabkan retardasi mental. Seorang yang dalam kondisi Down Syndrome akan memiliki ciri-ciri fisik yang sangat menonjol dari kebanyakan orang yang “normal” seperti; wajah bulat, hidung datar, adanya lipatan kecil yang mengarah ke bawah pada kulit di bagian ujung mata yang memberikan kesan mata sipit. Lidah yang menonjol, tangan yang kecil dan berbentuk segi empat dengan jari-jari pendek.


Sebagai manusia yang sama, kita tak perlu memandang remeh orang orang yang menyandang Down Syndrome, bahkan orang orang yang dikatakan normal saja belom bisa berprestasi sebagaimana orang orang yang menyandang Down Syndrome.


Adalah Stephanie Handojo perempuan penyandang Down Syndrome ini telah mengukir namanya di kancah internasional. Ia pernah meraih juara di tingkat dunia sebagai seorang Atlit renang gaya dada di Special Olympics World Summer Games di Athena, Yunani pada tahun 2011. Ia berhasil meyabet medali emas untuk cabang renang nomor 50 meter gaya dada.


Berbicara mengenai Down Syndrome, mungkin banyak yang belum mengetahui bila WHO telah menetapkan tanggal 21 Maret sebagai hari peringatan Down Syndromesedunia. Peringatan ini memang tidak mengherankan, mengingat para penyandang Down Syndrome merupakan kelompok masyarakat yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal, sejatinya mereka juga manusia yang butuh perhatian dan kasih sayang. Mereka juga manusia yang memiliki hak untuk memperoleh kehidupan yang layak dan berhak untuk diterima dengan baik di masyarakatnya, serta membutuhkan pendidikan dan keterampilan agar kelak mereka dapat menjadi manusia yang mandiri. 

Kemudian ada Reviera Novitasari, peraih medali perunggu di cababng olahraga renang 100 meter gaya dada di kejuaraan renang internasional di Canberra, Australia, tepatnya pada 11-13 April 2008.

Tim Harris, seorang pemilik usaha restoran satu satunya yang berhasil membangun bisnis restorannya sendiri. Ia adalah remaja degan kebutuhan khusus (Down Syndrome). Tim adalah pemilik Restoran Tim’s Place, di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. Sebagaimana yang dilansir oleh CBS News, TIm Harris mungkin satu-satunya pemilik restoran dengan Down Syndrome di Amerika Serikat atau bahkan di dunia.

Tak perlu memandang remeh mereka, orang orang yang berkebutuhan khusus, banyak nama nama merak yang lebih dikenal di mata dunia dibandingkan kita, orang orang yang terlahir sempurna namun kurang dapat berkarya dengan apa yang kita bisa. 


Ucapan Selamat Hari Down Syndrome (Internasional) Dunia  2017 / 2018


Hari Down Syndrome
Hari Down Syndrome 

Facebook Twitter Google+

Back To Top